KaMpOeNg WisaTa KeRamiK DinoYo

Kota Malang adalah sebuah kota yang ada di provinsi Jawa timur, berada di dataran tinggi yang cukup sejuk terletak 90km sebelah selatan kota Surabaya. Malang merupakan kota terbesar kedua di Jawa timur dan dikenal dengan julukan sebagai kota pelajar, kota industry dan kota wisata. Dengan julukan 3 nama itulah membuat kota Malang semakin dikenal dan dikunjungi oleh wisatawan asing maupun wisatawan domestic. Setiap akhir pecan banyak wisatawan domestic yang berasal dari kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, jogja dan bandung untuk berkunjung dan menikmati alam dan sejuknya kota Malang. Belum lagi kota Malang menawarkan berbagai macam tempat-tempat wisata dan masakan-masakan sebagai wisata kuliner untuk memanjakan pengunjung. Setelah berwisata ke kota Malang, rasanya kurang lengkap apabila anda pulang dan tidak membawa hasta karya khas Malang sebagai oleh-oleh sanak saudara dan bukti bahwa anda telah berkunjung ke Kota Malang.

Kerajinan Khas Malang selain topeng yang cukup terkenal yaitu Kerajinan Keramik Dinoyo. Pusat kerajinan ini terdapat di Dinoyo yang merupakan home industry. Setelah diresmikan oleh Dinas pariwisata kota malang, keberadaan kampong keramik dinoyo dimaksudkan untuk tujuan wisata oleh-oleh bagi pengunjung. Sampai detik ini, kampong keramik dinoyo semakin di kenal oleh para pengunjung yang ingin membeli souvenir dan pernak pernik keramik yang menarik.

Dinoyo adalah sebuah kelurahan di wilayah kecamatan Lowokwaru. Selain Dinoyo adalah salah satu pusat pendidikan dimana ada beberapa kampus megah berdiri disana, juga merupakan penghasil keramik yang dikenal dengan Kampung Keramik Dinoyo terletak di Jl. MT. Haryono Gang 9-11 Kota Malang. Di Kampung ini, mayoritas penduduk yang tinggal di daerah Dinoyo bekerja sebagai pengrajin keramik. Keramik Dinoyo memiliki kulaitas yang sangat bagus dibandingkan dengan yang lainnya.

Ciri khas dari keramik dinoyo terletak pada desain yang unik, berbagai bentuk motif dan keramik yang digunakan adalah keramik jenis semi porselen. Bentuk dan fungsinya pun bervariasi, seperti vas bunga, tempat garam dan merica, tempat kartu nama, aneka suvenir, wadah aromaterapi, tempat lilin, dan lainnya. Dalam pembuatan keramik, mereka tetap menjaga kualitas dengan baik secara turun temurun sehingga menghasilkan karya yang indah dan menarik.

Bagi para penggemar kerajinan keramik yang berkunjung ke kota Malang, jangan lupa berkunjung dan melihat sentra kerajinan keramik yang terletak di Kampung keramik Dinoyo yang menjajakan berbagai macam kerajinan kemarik mulai dari barang terkecil sampai barang-barang terbesar seperti vas bunga sebagai panjangan di rumah.

One response to “KaMpOeNg WisaTa KeRamiK DinoYo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s